Iklan

Iklan

FP USK Gelar Workshop Penulisan Artikel dan Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi

10/01/24, 10:23 WIB Last Updated 2024-10-01T03:23:49Z


Banda Aceh - Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (FP USK) menggelar workshop penulisan artikel ilmiah dan publikasi di jurnal internasional bereputasi Scopus dan Web of Science (WoS). Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si di Multi Purpose Room FP USK. (Banda Aceh, 25 September 2024).


Workshop ini diikuti oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa pascasarjana yang berkeinginan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis, serta  mempublikasikan hasil penelitian di jurnal bereputasi internasional.


Kegiatan yang diinisiasi  oleh Prodi Magister Agribisnis ini menghadirkan pembicara ahli, yang memiliki pengalaman luas dalam bidang penulisan akademik dan publikasi di jurnal bereputasi. Salah satu pembicara utama adalah Prof. Hermanto Siregar, Ph. D, yang merupakan Guru Besar dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Rektor Perbanas. Ia juga seorang  peneliti dan editor jurnal terindeks Scopus, yang memberikan panduan mendetail mengenai langkah-langkah dalam menulis artikel berkualitas.


Dekan FP USK Prof. Ir. Sugianto, M.Sc, Ph.D, mengatakan,  workshop ini merupakan bagian dari upaya fakultas untuk mendorong sivitas akademika dalam memperkuat kualitas riset dan publikasi internasional. Menurutnya, penulisan ilmiah adalah bagian penting dalam kegiatan akademik atau riset, sehingga perlu fokus untuk menyelesaikannya.


“Dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia akademik global, sangat penting bagi para dosen dan mahasiswa untuk bisa mempublikasikan hasil penelitian mereka di jurnal-jurnal bereputasi seperti Scopus dan WoS. Workshop ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan praktis yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut," ucap Sugianto.


Selanjutnya, Agussabti menekankan pentingnya peningkatan kualitas penelitian dan publikasi internasional untuk kemajuan institusi dan kontribusi ilmiah pada level global. Maka ia berharap dengan terselenggaranya workshop ini, FP USK dapat terus meningkatkan jumlah publikasi ilmiah dari para dosennya di jurnal-jurnal bereputasi internasional.


“Hari ini publikasi di jurnal bereputasi seperti Scopus dan WoS menjadi salah satu indikator penting dalam menilai kualitas akademik dan daya saing universitas di tingkat internasional, maka untuk sukses dalam menulis itu salah satu kuncinya adalah jangan menyerah, (never give up), serta membentuk tim yang solid,” ucapnya.


Pada kesempatan itu, USK menjalin kerja sama dengan Institut Keuangan-Perbankan dan Informatika Asia (IKPIA) Perbanas atau Perbanas Institute melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) untuk memperkuat tri dharma perguruan tinggi yaitu aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta diikuti penandatanganan Pelaksanaan Kerja Sama (IA) bersama dengan Prodi Magister Agribisnis FP USK.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • FP USK Gelar Workshop Penulisan Artikel dan Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi

Terkini

Topik Populer

Iklan