Iklan

Iklan

Keutamaan Berdakwah

7/23/24, 06:25 WIB Last Updated 2024-07-23T01:02:31Z

 


Berdakwah adalah tugas mulia yang mengajak manusia untuk beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.


Kegiatan berdakwah bukan hanya ceramah di depan khalayak ramai, tetapi juga melibatkan berbagai bentuk komunikasi yang fleksibel dan efisien.


Beberapa keutamaan berdakwah dalam Islam antara lain sebagai berikut:


Meneladani Para Rasul: Berdakwah memungkinkan kita meneladani para rasul yang diutus oleh Allah untuk menyebarkan ajaran Islam. Sebagai umat Rasulullah SAW, berdakwah adalah bukti cinta kepada


“Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik. ((Yusuf (12): 108).


Amal yang Terbaik: Berdakwah meneruskan tugas mulia para nabi dan rasul dalam menyebarkan agama Allah. Kalimat dakwah adalah kalimat terbaik diucapkan di bumi ini.


“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri? (Fushilat (41): 33).


Mendapatkan Pertolongan Allah: Para ulama adalah pewaris para nabi, dan berdakwah membawa pahala berlipat ganda.


”Maka setelah mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka, Kami selamatkan orang-orang yang melarang orang berbuat jahat dan Kami timpakan kepada orang-orang yang zalim siksaan yang keras, disebabkan mereka selalu berbuat fasik.” (Al A’raf 165)


Mewujudkan Masyarakat Bertakwa: Berdakwah membantu menciptakan masyarakat yang bertakwa kepada Allah.


Jalan Menuju Kebaikan Ummah: Berdakwah adalah jalan untuk memajukan umat dan memperoleh keberkahan hidup.


Rasulullah saw berhasil mengubah masyarakat jahiliyah menjadi umat terbaik sepanjang zaman dengan dakwah beliau. Dakwah secara umum dan pembinaan kader secara khusus adalah jalan satu-satunya menuju terbentuknya khairu ummah yang kita idam-idamkan.


Rasulullah saw melakukan tarbiyah mencetak kader-kader dakwah di kalangan para sahabat beliau di rumah Arqam bin Abil Arqam ra, beliau juga mengutus Mush’ab bin Umair ra ke Madinah untuk membentuk basis dan cikal bakal masyarakat terbaik di Madinah (Anshar).


Jalan yang ditempuh oleh Rasulullah saw ini adalah juga jalan yang harus kita tempuh untuk mengembalikan kembali kejayaan umat. Imam Malik bin Anas ra berkata:

لاَ يَصْلُحُ آخِرُ هَذِهِ الأُمَّةِ إِلاَّ بِمَا صَلُحَ بِهِ أَوَّلُهَا


Umat Islam harus memainkan peran dakwah & amar ma’ruf nahi munkar dalam semua keadaannya, baik ketika memperjuangkan terbentuknya khairu ummah maupun ketika cita-cita khairu ummah itu telah terwujud. Allah swt berfirman:


”Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (Ali Imran (3): 110).


Ingatlah bahwa berdakwah bukan hanya tugas para ulama, tetapi juga tanggung jawab kita semua sebagai umat Islam. [arif]

 


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Keutamaan Berdakwah

Terkini

Topik Populer

Iklan