Iklan

Iklan

Kesabaran Dalam Berdakwah

7/30/24, 06:11 WIB Last Updated 2024-07-29T23:14:52Z




Surat at-Taubah ayat 71 dan Surat Ali Imran ayat 159 memberikan panduan kepada kita tentang sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh seorang Muslim, termasuk kesabaran dalam berdakwah.


وَالْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنٰتُ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۘ يَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَيُطِيْعُوْنَ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗۗ اُولٰۤىِٕكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللّٰهُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ 

"Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS; At-Taubah 71)


Pada ayat ini dijelaskan tentang keharusan kita bekerjasama di dalam Kebaikan. Ayat ini menekankan pentingnya kerjasama antara orang-orang beriman dalam mendorong kebaikan dan mencegah keburukan. Ini adalah aspek penting dalam dakwah, dimana komunitas yang beriman saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama.


Selain itu, Amar Ma'ruf Nahi Munkar menjadi salah satu tugas seorang  muslim di dalam mengembangkan ajaran tauhid. Orang-orang beriman diperintahkan untuk mengajak kepada kebaikan (amar ma'ruf) dan mencegah kemungkaran (nahi munkar). Ini adalah tugas dakwah yang memerlukan kesabaran dan keteguhan hati karena tidak selalu mudah untuk mengajak orang lain kepada kebenaran dan mencegah keburukan.


Kepatuhan kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka yang berdakwah harus selalu taat kepada Allah dan Rasul-Nya, menunjukkan bahwa tindakan dakwah harus didasari oleh niat yang tulus dan keikhlasan dalam mengamalkan ajaran Islam.


Rahmat Allah, Bagi mereka yang menjalankan tugas dakwah dengan kesabaran dan keteguhan, Allah menjanjikan rahmat-Nya. Ini memberikan dorongan bagi para dai untuk terus berusaha meskipun menghadapi berbagai tantangan.

 

Sementara itu, pada Surat Ali Imran: 159:


فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ


"Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya."


Dalam ayat ini, seorang pendakwah meski memilk Sikap Lemah Lembut. Dalam berdakwah, sikap lemah lembut sangat penting. Ayat ini menunjukkan bahwa kelembutan dan kebaikan hati dapat menarik orang-orang kepada Islam. Sikap kasar dan keras akan menjauhkan mereka.


Para dai dianjurkan untuk memaafkan kesalahan orang lain dan memohonkan ampunan bagi mereka. Ini menunjukkan pentingnya sikap pemaaf dan penuh kasih dalam dakwah.


Selain itu, seorang dai harus terbiasa bermusyawarah atau berdiskusi dengan orang-orang yang didakwahi menunjukkan sikap inklusif dan menghargai pendapat mereka. Ini adalah bentuk kesabaran dan keterbukaan yang penting dalam proses dakwah.


Setelah berusaha dengan sungguh-sungguh dan membuat keputusan, seorang dai harus bertawakal kepada Allah. Ini menunjukkan bahwa hasil dakwah berada di tangan Allah, dan dai harus percaya kepada ketentuan-Nya.


Kedua ayat ini menekankan pentingnya kesabaran, kelembutan, kerja sama, dan tawakal dalam berdakwah. Dakwah bukan hanya tentang menyampaikan pesan, tetapi juga tentang bagaimana cara menyampaikan pesan tersebut dengan hikmah dan kesabaran, serta sikap yang baik kepada orang yang didakwahi. []


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kesabaran Dalam Berdakwah

Terkini

Topik Populer

Iklan